Wednesday, June 25, 2008

Dede 31 Minggu

Sekarang berat dede sudah mencapai 1651 gram. Alhamdulillah normal, sesuai dengan usianya. Semuanya juga oke-oke... gerakannya makin intens aja. Menurut dr. Didi karena dede makin besar, ruangannya jadi makin sempit. Makanya dia seneng banget ‘nyenggol-nyenggol’ ibunya. Alhamdulillah, meski aktip banget, plasentanya tidak ada yang tertindih atau terbelit badan dede. Posisinya juga udah sip, kepalanya dah dibawah. Mudah2an tetap begitu sampai lahir. Jangan muter ke atas lagi ya De...


Kalo perkembangan ibunya... hebohhhh deeeehhhh. Kenaikan berat badan sampai minggu ke-31 ini sudah mencapai 13,5 kg. Sekarang berat badan akyu mencapai 65,5 kg, dan masih akan bertambah lagi. Kayanya target cuma naek 15 kg tidak terwujud deh. Diperkirakan sampai dede lahir, berat badan akyu bisa naik 18 kg dari sebelum hamil. Mudah2an abis lahiran, niat diet bisa terlaksana (semangat!!!).

Minggu ini akyu juga terserang penyakit kulit, infeksi boooo. Awalnya gatal2 karena badan gemuk kali ya... eh akhirnya malah ada nanahnya segala (layaknya bisul). Sebetulnya, dari awal hamil akyu memang sudah terserang gatal2. Muncul bruntus2 (b.indo apa ya bruntus?) merah di sekitar leher dan dada. Tambah usia kandungan, bruntusnya makin menyebar n makin banyak. Gatellll!!!!.

Karena bernanah tadi, akhirnya misua memaksa ke dokter kulit. Sebetulnya malu sihhh, bisulan getooo loooohhh. Tapi, ya sudlah.... kata misua bisulan itu kan berarti infeksi kalo ga diobatin infeksinya bisa menyebar. Yah... takut kena dede juga. Akhirnya mau juga di bawa ke dokter kulit.

Di dokter, dikasih salep plus antibiotik yang bertajuk Amoxilin 500 mg. Waduh, kok pake antibiotik segala? Ragu juga. Waktu misua nanya, ada alternatif lain yang ga pake antibiotik. Eh, dokternya malah marah. Dokter jawab dengan ketusnya,”Saya tau istri Anda sedang hamil. Saya juga diajarin obat mana yang aman buat orang hamil.” Ihhhh.... galak banget deh!!.

Tapi, karena masih ragu, akyu mutusin buat telp dr.Didi. Katanya, Amoxilin itu termasuk obat yang molekulnya besar jadi tidak bisa menembus rahim. Amoxilin adalah obat golongan A yang berarti sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Ada 4 golongan obat buat ibu hamil. A= sangat aman, B=dibolehkan, C=dibolehkan bila terpaksa, D=sama sekali tidak dibolehkan. Masih kata dr.Didi, kalo infeksi memang mudah menyebar. Nah, karena minum antibiotik, bisa dilokalisasi sehingga tidak menyebar. So, antibiotik memang perlu diminum. Akhirnya, dengan penuh keyakinan akyu mau juga minum Amoxilin 3x sehari. Waktu di cek up, dede juga kayaknya nda terpengaruh sama Amoxilin itu (Alhamdulillah...).

O iya, akyu juga dah terserang kram. Tiba2 waktu lagi tidur, betis sebelah kanan terasa nyeri. Ihhh, sakit banget, dan ampe sore masih terasa. Kaki udah mulai bengkak. Sakit kalo kelamaan dipake jalan. Apalagi kalo dipijit telapak kakinya. Wuihhhhh... ngilu. Badan pegel linu masih terasa kalo malem. Sakit punggung n sakit pinggang sudah bukan hal yang aneh. Tapi... semuanya ilang seketika kalo dah ngeliat dede di USG. Ternyata Kita begitu kecil di tengah Keajaiban yang Maha Besar.

2 comments:

avrie said...

hah....itulah kenikmatan menjadi seorang wanita dan merasakan hamil.....
hah...jd pengen hamil lagi..wa ka ka ka...

dee said...

ka, dah mo melahirkan ya?
prediksinya bulan apa sih?