Wednesday, December 26, 2007

Cinta beda agama

Sekarang ini, banyak sekali fenomena jatuh cinta kepada seseorang yang beda agama alias beda keyakinan. kenapa gue bilang fenomena? soalnya, skg ini banyak sekali kalangan selebritis yang memang menikah dgn orang yang beda keyakinan dengan dirinya. Nah, karena para seleb itu public figur maka pernikahan beda agama ini dianggap sesuatu yang wajar di masyarakat kita yang memang beragam ini. Lantas bagaimana dengan pemerintah? Gue rasa pemerintah belum merasa seperti itu. Buktinya, pernikahan beda agama tidak bisa dicatatkan di catatan sipil. Artinya, orang yang beda agama tidak boleh terikat di sebuah lembaga pernikahan.

Kalo gue sih ga masalah sama orang2 yang pacaran or menikah dengan orang yang beda keyakinan. Itu pilihan, dan sudah masuk ke private issue (tidak boleh dicampuri). Tapi, yg jadi masalah adalah kalo orang yang jatuh cintanya itu ragu2. Mereka sebetulnya tidak mau memiliki pasangan yang beda keyakinan, tapi mereka jatuh cinta sama orang yang beda keyakinan. Jadi, mo putus tapi dah terlanjur sayang. Kalo ga putus, gimana dooonggggg. Fuihhhh... bingung deeehhhh.

"Tapi, gue sayang banget. Gue kangen banget, gue butuh dia, gue harus denger suara dia"
"lu mau nikah ama dia? Lu mau pernikahan lu dilandasi oleh dua keyakinan?"
"Engga"
"Lantas, lu mau pindah agama?"
"Engga"
"So, mau lu apaaaaaaaa....."
"Ga tau....."

Menurut gw kalo dah terlanjur cinta sama sso yang beda agama, kita harus bisa mengambil keputusan dan berkomitmen dengan keputusan itu. Muara sebuah hubungan itu pernikahan. Jadi, putuskan kita mau menikah dengan dia atau tidak (untuk yg sudah berusia pantas menikah). Kalau kira-kira hub itu tidak bisa ke mana-mana karena tidak bisa hidup dengan suami/istri yang beda agama, ya putuskan saja biarpun sayang banget. Percuma dan buang2 waktu kalau diteruskan. Stick with it, jangan ditengah jalan karena rasa kangen yang membludak lantas ketemuan or telp2an lagi. Memang sulit melupakan sso yang kita cintai. Memang sakit rasanya. Tapi, itulah risiko dari keputusan kita. Nikmatin aja rasa sakitnya dan berkomitmen pada keputusan.

Tapi, kalo kita memang dah ngerasa ga bisa idup tanpa orang itu. Dan, kita yakin bahwa cinta yang dimiliki mampu melwan batasan yang ada. Ya sudah, pilihlah dia dengan segala risiko dan konsekuensinya. Risiko yang bisa timbul seperti peperangan dengan keluarga (biasanya ortu ga setuju), kita harus memiliki rasa pengertian dan toleransi yang berlebih, kita harus mau melaksanakan ibadah sendiri tanpa didampingi orang tercinta, pikirkan juga ( kalau sampai ke jenjang pernikahan) cara mendidik anak-anak, dll.

Jangan, berdiri di posisi abu-abu. Putus ga bisa, ga putus juga ga bisa. Putuskan satu pilihan dan terima pilihan itu dengan segala risiko dan konsekuensinya.

23 comments:

Unknown said...

huahahahahahahahah... gw tau suatu hari lu akan nulis soal ini. gw udah nungguin dari kemaren2, ternyata baru di posting sekarang. terima kasih ya ka atas masukan2nya selama ini. semua saran yang lu kasih memang semuanya baik, cuma penyampaian lu agak kurang berkenan diterima ma gw heheheh... tapi gpp, kayak waktu itu gw pernah bilang, resiko sayang ma orang beda agama dan dengan sikap kayak gw kemaren, pasti banyak masukan2 dari orang2 yang peduli dan perhatian ma gw. sekali lagi terima kasih atas perhatiannya, atas remindernya, semuanya... doain aja semoga gw bisa konsisten ngejalanin semua konsekuensi atas keputusan yang udah gw ambil. Amin...

Rich Dad said...

Ini komen pertama gw di blogsnya ika, tp gw sengaja naro komen gw di artikel yang ini karenanya isinya menghujam banget isi hati gw..hehehehe...gak gitu banget denks...salut buat dina yang memilih cintanya ....life is a choice....kalo kita udah nentuin pilihan itu, ya berarti kita udah siap dengan apa yang akan kita jalani dengan pilihan itu....tapi kalo gw..walopun rasanya sakit..utk melupakan..ya..itu memang harus dilakukan....karena ternyata cinta itu ya bukan hanya dinilai dengan rasa, tapi juga dgn keikhlasan...
thanks buat postingan yang menggugah ini ka....

Unknown said...

tulisan bagus, baru nyadar kalo ak juga da di "grey area"

Icha_Jogja said...

alu...Ka.Kenalin agw Icha Jogja.Iseng-iseng buka google tentang masalah cinta gw,eh ktm blog lu.Emang c,aku msh menganut lokasi grey yang lu sebutin td.Kadang gw mikir,gw ma orang beda agama (orang yang gw sayangi) itu kan sama2 ciptaan Tuhan(ya iya lah).Trus yang nyiptain rasa cinta itu juga Dia (cos semua yang terjadi di dunia ini karna kehendak-Nya).So,mau nyalahin siapa.Mau nyalahin diri kita yang gak bisa berbuat apa2 karna cinta. yang jelas cinta itu dtng gak diundang diusir juga susah.Right(yang ngalamin pasti setuju ma pendapat gw ini.Gw udah berkali2 pacaran ma seagama,tp hati gw ngrasa sreg bgt ma yang beda agama ini.Hubungan kami mengajarkan arti saling menghargai menghormati,masalah ibadah emang hub vertikal antara manusia dan Tuhan.Klo emang pacaran beda agama tuh dilarang,kenapa manusia di bumi ini gak dibikin seagama semua aja.Cos sakitnya cinta tuh kata siluman babi,penderitaan yang tiada akhir.Gw bilang tuh aturan segala macemnya yang bikin tuh manusia.Yang bikin ribet segala urusan.Toh gw n co gw,saling ngedukung proses ibadah kami.Silahkan,monggo itu hak asasi lu,gw gak ikut campur.Tapi lagi2 kita harus ngalah ma aturan leluhur kita yang gak ngebolehin kami bareng seumur hidup.Dosa inilah itulah.kenapa Tuhan harus nyiptain perbedaan yang bikin semua jadi ribet(maaf ini cuma kebingungan gw aja).Klo dia gak menghendaki agama `x` ya tinggal musnahin aja semua pengikutnya,biar orang tuh agamanya sama.Tapi sebaliknya,Dia mempertahankan semua itu,biar manusia itu belajar toleransi,menghargai keberadaan dan semuanya.So,masalahnya sekarang apa nikah beda keyakinan.Cuma aturan2 manusia lah yang bikin kita jadi beda.
So,sebagai orang yang masih menganut paham grey tadi.Gw cuma ngikutin alur aja.klo bukan jodoh,Tuhan pasti entah gimana caranya bikin kami gak bareng.yang jelas,waktu kebersamaan kami,gw gunain buat ngelakuin hal-hal yang positif.Gimana caranya bikin kualitas diri kita jadi tambah baik.Misalnya:gw bergaul ma temen2nya buat nambah temen,nyerap ilmu yang mereka punyai,ajang unjuk diri dengan memaksimalkan kulitas yang gw punyai.Biar semua orang yang bilang hubungan kami sia-sia,omongannya gak terbukti.
So,gw cuma mau bilang ma temen2 yang ngalamin nasib ma gw,prbedaan kita alami memang gak bakalan ada ujungnya.Mau dibahas gimanapun,gak bakalan slesei.Apalagi klo mikirin ending kita yang kata orang gak happy ending.Biarin.Yang jelas,kita gunain waktu kita yang sempit(mungkin)ini untuk hal2 yang berguna...... Makasih buat ika atas sarannya ,yang jelas panjang lebar yang gw tulis di atas bukan maksud membenarkan semua tindakan gw ataupun menyalahkan siapa.Tapi itulah jeritan hati gw ato mungkin isi hati beberapa temen yang ngalamin hal yang sama ma gw

trisnan said...

bgus bgt tuch solusi...tpi knpa y kok gw ma pcr gw te2p aj lom bisa ambl kputusn,stuck gitu ig....ya smoga ntar ap yg d ambil emng terbaik untk kedua blah pihak,apapun itu...satu yg pasti,aku syng bgt ma dia.

songkokawingjakata said...

persis dengan apa yang sedang alami..

mau ini? ga.. mau itu? ga.. mau saya apa sih? bingung..

thx ika,masukanya.. lam knal ya,mmpir duung k tmpt saya..

Widiawan Winata said...

Posisi tersulit buat gue saat ini.. Gila ga nyangka kalo cinta itu bisa serumit ini... Thanks atas masukannya..

dederisma said...

Kadang kata2 ga segampang realitas... gw dah hampir 3 tahun masih dalam, posisi abu2.. dan ga bisa lupain dia.. penentangan dari kedua keluarga kita malh bikin gw tambah eror... disisi lain gw juga ga mau menembus batas2 religi..gw ma dia ga ada yang mau ngalah.. trus gmana donk...? kaya gini 1 tahun lagi...mati dah gw...

The CliQue said...

sumpah..apa yang teteh tulis bener2 nyangkut dikehidupa aku..
aku udah terlanjur sayang ma dia, tapi perbedaan menghalangi, keluargapun sulit merestui. aku masih dalam posisi abu2 hingga detiki ini, berharap selalu bersama dia dan segera mungkin aku menetapkan keyakinan ku....

aji milanisti sembiland-sembiland said...

jalanin az lah,...rejeki jodoh & maut UDAH ADA YG MNGATUR,..

aji milanisti sembiland-sembiland said...
This comment has been removed by the author.
arjuna said...

gw jg lg bingung nich, si dia ga mau tawar menawar .... harus ikut dia. tp kembali ke keyakinan aq ga mau khianati Tuhanku!!! lagian dimana2 istri patuh ma suami. yahhh tawar menawar nikah di luar ajah,

aji milanisti sembiland-sembiland said...

gw jga gag tww bakal sperrti apa antara gw n pcar gw,....mengalir azlah,.dy yg sllu blng gtu,.....

blognyaelnath said...

gw juga ngalamin grey relationship sekarang,sampe2 kisah cerita gw di posting di blog gw. visit my blog ya....

pasq said...

Hi.. Postingnya juga sama seperti yg saya rasain skr. Tapi disini akhirnya saya mengambil keputusan untuk meninggalkan cewe saya dan terus berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan dia hidayah agar bisa mencintai Allah SWT dan saya bisa menikahinya.. Krn saya sangat sayang & cinta sama ce saya. Sakit banget rasanya jauh dari orang yg kita sayang, tapi saya yakin semua ini pasti akan indah bila tiba waktunya.. :)

aji milanisti sembiland-sembiland said...

pasq_pilihand yg sulidt ya,..

Gadget Solution said...
This comment has been removed by the author.
pasq said...
This comment has been removed by the author.
pasq said...

@aji: yups... Pilihan yang sangat sulit.. :) tapi ini adalah jalan yang saya pilih, so setiap pilihan pasti ada resiko. Tinggal kita siap atau ndak menghadapi resiko itu. *ngomong mah gampang ya, tp jalaninnya itu yg penuh perjuangan* :p

ajixhuzut99 said...

pasq pilhan yg sma yg akan gw pilih,.

Liba Hilabilah said...

Saya merasakan apa yg anda rasakan. Malah bagi saya kami berdua yg berbeda keyakinan ini dipertemukan untuk saling belajar tentang mengikhlaskan dan menjaga perasaan org2 yg berada di sekitar kami. Karena disini bukan hanya tentang "kami" tetapi juga ada mereka. Org tua, teman, lingkungan. So?stay strong:-)

Liba Hilabilah said...

Saya merasakan apa yg anda rasakan. Malah bagi saya kami berdua yg berbeda keyakinan ini dipertemukan untuk saling belajar tentang mengikhlaskan dan menjaga perasaan org2 yg berada di sekitar kami. Karena disini bukan hanya tentang "kami" tetapi juga ada mereka. Org tua, teman, lingkungan. So?stay strong:-)

bayu said...

hellow, gw bayu..gw udah jalanin hubungan beda agama selama 5 tahun (mau masuk 6 tahun ini)dan selama itu gw di grey area. Gw dan dia sering banget bicarain ttg perbedaan ini. Kita sama2 megang keyakinan masing2, gw ga mau dan ga mungkin pindah agama dia, begitu juga dia. Berat banget mengambil keputusan ttg hubungan ini. Pernah suatu hari gw dekat dengan orang lain tp hati gw ga bisa pindah. Gw berbuat itu karena gw pgn dia liat gw trus dia marah dan benci tp itu pun ga berhasil.
Kenapa ya perbedaan itu ga bisa disatuin, padahal seharusnya perbedaan menyatukan segalanya. Gw butuh masukan harus bagaimana hubungan gw sama dia.. Cinta itu silent but deadly.