Tuesday, December 25, 2007

Restrukturisasi

Tanggal 19 Desember kemaren, tepat pada saat malam takbiran Idul Adha, seluruh karyawan InfoBank 'digiring' ke Restauran Danau Sunter. Ada apa gerangan? Di sana, diadakan acara pemaparan dari bapak Handoko, konsultan SDM, mengenai manajemen SDM InfoBank.
Setelah dijelaskan kalau rata2 dari pegawai InfoBank itu banyak mengeluh mengenai penerapan manajemen SDM di media yg sudah berumur 28 tahun itu (kecuali m.topik kali ye yg ga ngeluh), Handoko menyimpulkan harus dilakukan RESTRUKRUSASI MENYELURUH kalo InfoBank ingin survive. Yang paling sering keluar adalah keluhan ttg prosedur kerja, standar gaji, kesejahteraan pegawai, serta reward and punishment.
Dengan semangat menuju perubahan ke arah yang lebih baik, maka jajaran direksi berniat baik untuk melakukan retrukturisasi. Nantinya di InfoBank bakal ada SBU (strategis bussines unit) dan SU (supporting unit). Singkatnya setiap SBU memiliki masing-masing manajemen yang akan memprovide kebutuhan SBU itu. Masing-masing SBU diharapkan 'kreatip' dalam menghasilkan uang. Nantinya, setiap keuntungan yang didapat oleh SBU akan langsung masuk ke kantong masing-masing anggota SBU. Baru kemudian diserahkan kepada jajaran direksi yang hanya bertugas sebagai wasit.
Semangatnya sih oke. Tapi apakah retrukturisasi ini bakal dijalankan? itu yang harus kita tunggu. Tanggal 26-28 Januari 2008 nanti akan ada Raker dan Outbond untuk semakin memantapkan rencana ini. Gue harap sih dengan adanya retrukturisasi bakal ada perubahan di InfoBank, baik dari segi kesejahteraan, lingkungan kerja, termasuk kesempatan mengembangkan diri. Sebab, terus terang, dengan situasi yg kayak sekarang, gue ngerasa stuck n tidak bisa menngembangkan potensi.
Satu lagi, dengan adanya retrukturisasi, ada perubahan2 yang terjadi. sebenarnya sih lebih ke kenaikan jabatan. Tapi, sebenernya hal itu sudah bisa diprediksi sebelumnya. Toh, orang yg dapet promosi pun itu2 saja. he... sukses ya memegang jabatan baru.

No comments: