Monday, September 17, 2007

Infotainment oh infotainment...


GAK PENTING!!! Dua kata itu yang dengan jelas mendefinisikan infotainment yang berseliweran di tv-tv nasional kita. Duh betapa semakin tidak berbobotnya tayangan tv. Kasihan adik2 kecil yang tidak lagi disuguhkan tayangan yang mendidik. Televisi Pendidikan Indonesia ato TPI pun sudah tidak menyiarkan tontonan berilmu. Isinya, kalo ga 'SI ENTONG' ya 'KDI'.

Beda sama jaman gw kecil dulu. Masih ada tayangan2 yang mengedukasi anak2 biar rajin belajar, rajin ibadah, hormat sama ibu-bapak, menghormati yang tua, saling tolong menolong, toleransi, dll. Misalnya si Unyil, Aneka Ria Nusantara, Rumah Masa Depan (bukan sinetron anak tapi isinya mendidik), dll. Sekarang sih sinetron anak-anak isinya persaingan tidak sehat memperebutkan laki-laki atau bagaimana menganiaya yang lemah.

Back to infotainment. Selama seminggu gw terkapar di tempat tidur, tidak ada hal lain yang bisa gw lakukan selain ke alam mimpi n nonton tv. Dari pagi ampe siang, tidak ada tontonan lain selain sinetron n infotainment. Mau tidak mau gw harus memelototi tayangan itu. Ada beberapa hal yang sangat menyedihkan dari infotainment kita:

1. Beritanya tidak penting dan terkesan dibuat2 n dicari2:
- ngapain aja artis kalo di bulan puasa. Mereka makan apa aja kalo gi buka puasa n sahur (haloooo.. mereka juga manusia gitu. sebeda apa sih makanannya dengan kita?!!).
- Atau, apakah para artis itu punya koleksi berlian ato engga (hah? iseng banget sih. ga punya pertanyaan berbobot lagi kah?!)

2. Berita biasa aja seakan maha penting mengalahkan bencana gempa bumi di Sumatera sana.
- Di bulan puasa, artis masih syuting, Hebat mereka kuat. ck...ck...ck. Hal itu dibahas ampe mendetail ampe masuk silet, kasus, insert investigasi, kasak kusuk investigasi, dll yang berbau idepth news deh. Yg jadi pertanyaan gw adalah emang begitu hebatnya yah artis syuting sambil puasa ampe2 dibahas sebagai sesuatu yang bisa menggeparkan dunia. (eh buset, kita juga kerja mereka juga kerja. so, apa bedanya sihhh)
- Artis2 berziarah ke makam. (ga perlu diberitain kaliiii, toh biasa aja)

3. Berita dilebih2kan
- Dini Aminarti putus sama Fardhan, Baim putus sama Nia Ramadhani, Hengky Kurniawan punya pacar lagi. So what?!!!! ga perlu deh diulas dari pagi ampe malem, dari berita biasa sampe berita indepth. Kayak Dunia Kiamat aja ngeliat orang putus. Namanya juga pacaran, namanya juga anak muda, putus nyambung jadi hal biasa kan. Ga usah dilebih-lebihkan deh. Emang sih hal itu bisa diinformasikan tapi infonya yang biasa aja. Ga perlu bernuansa kayak ada presiden ketembak mati. Ini mah sampe ada konferensi pers, sampe ibu-bapaknya ngomong. N yang paling menjijikan, ampe curhat kenapa putus. GA PENTINGGG!!!!! Kayak ga ada masalah lain aja yg perlu dipikirin.

4. Beritanya itu-itu aja
OMG, pliss deh. kalo bikin berita yg kreatip dikit. ga usah sama persis sama infotainment lain. Bisa kan, meski berita sama tapi dilihat dari sisi berbeda? Ini mah kopi paste abiss ampe ke titik komanya. Senep banget ngeliatnya...

Maap kalo kata2 gw kelewat menggebu2 tapi gara2 seminggu nongkrongin tv , gw eneggggg bangettttt ngeliat infotainment yang tidak mendidik begitu. Di luar negeri juga ada infotainment, tapi ga harus seperti itu kan. Sama sekali ga ada unsur jurnalisme sama sekali. Kok bisa masuk Asosiasi Jurnalis Indonesia ya, padahal ga masuk kriteria jurnalis apapun??#@$

No comments: