Friday, March 28, 2008

Iklan oh iklan

Sekarang ini ada beberapa iklan di TV yang membuat dahi gue berkerut.

Pertama, iklan semen Holcim yang ada lagunya Que Sera-Sera. Entah kenapa gue bingung kalo ngeliat iklan itu. Maksudnya apaaaaaa? Manurut gue lagunya aneh n ga nyambung juga ama gambarnya. Gue bingung aja. Ada yang bisa jelasin ga?

Kedua, iklan Ponds flawles light. Dari awal kemunculan iklan itu gue dah bingung. Iklan kok bersambung ya? trus sambungannya lama bangettttttt. pas ada lanjutannya, masih bersambung juga. trus bersambung. kayaknya sampai empat atau lima episode deh. Trus, ceritanya ga banget. Mirip kayak cerita telenovela.

seorang gadis yang ditinggal kekasihnya ke kota lain untuk berkarir. Setelah beberapa waktu tuh cowok jadi selebritis (nongol di majalah) dan bertunangan dengan selebritis juga. Si gadis merasa kecewa trus berusaha merebut hati kekasihnya lagi. Gimana caranya? dengan pakai ponds flawles light. Tujuannya, biar putihhhhhh. (What?$%#&*) Setelah tujuh hari wajah si gadis lebih kinclong dan membuat si cowok ragu untuk menikah dengan tunangannya. plus tunangannya juga matre abissssss. Alhasil, si gadis akhirnya kembali bersama sang kekasih dan menikah. Semuanya thanks to Ponds Flawles light!!!

Menurut gue, iklan itu merupakan pembodohan umat. Pertama, emang cewek diliat dari fisiknya doang ya? Kedua, pikiran cowoknya picik benerrrrrr. waktu si gadis masih item, dia ditinggal sama kekasihnya. eh, setelah wajahnya putih, sang kekasih kembali lagi dan berakhir dengan hapilly ever after.

yang gue sesalkan adalah kenapa muka si gadis begitu sumringah ketika menikah. padahal kan yang bikin cowoknya tertarik karena dia sekarang berubah putih ya. Tidakkah si gadis menyadari kecantikan fisik tidak bertahan lama? trsu kalo dia keriput begimane, cowoknya cari lagi dunggggg. Trus, tidakkah si gadis menyadari cinta seperti apakah yang dimiliki si cowok untuk ? Gue bener2 heran....

Menurut gue, iklan itu mengajarkan kecantikan fisik adalah segalanya. Mendoktrin kalo cantik itu, menurut idealisme sekarang, adalah putih, kurus kayak triplek, berambut panjang, lurus dan berkilau. Trus, kalo gue item, agak montok, berambut biasa aja, berarti gue ga cantik? Trus, berarti kalau mau cantik harus beli obat pemutih, minum obat diet, n bolak balik ke salon buat creambath n blow atau beli shampoo yang disarankan di TV? ck...ck...ck, konsumtif sekali.

What happen to inner beauty? what happen to item itu eksotis? what happen with montok itu indah seperti gitar spanyol? What happen to keriting itu unik?

Seabad yang lalu, jamannya Leonardo da Vinci, wanita cantik itu yang montok seperti monalisa. Pada jaman Ratu Victoria, wanita cantik itu wanita yang berbedak putih dan berkorset ketat. Pada jaman dinasti Cina, wanita cantik itu yang kakinya kecil mungil bak kaki seorang gadis berumur 5 tahun. Sampai kapan wanita itu dibilang cantik jika sesuai dengan tuntutan massa, atau sekarang tuntutan media?

6 comments:

christi said...

kalo urusan cantik emang repot..en suka bikin ga rasional..

avrie said...

untk yg holcim....anak gw suka bnget tuh ka...gw nangkepnya mungkin lbh ke arti rumah itu sndr...apapun...cat nya ga pernah pudar...gtu ga...he..he..ngarang....
untk yg ponds mungkin lbh ke cinta sejati aja x......

editya said...

Namanya jg iklan,kalo holchin iya aq blng aneh,kalo ponds aq ska bgt tu iklan,buat konsumen trtrik pgn ngikutin slnjtnya..Kalo mslh mendidik,zaman skrg gk ada tuh iklan yg mendidik,iklan skrg isiny brusaha agar konsumen membeli produk mereka dgn memberi iming2,kalo ponds buat kulit jd putih..Kalo mendidik bsa2 gk ada yg beli

dee said...

ada loh iklan yang bagus dan ada unsur edukasinya. iklan investasi atw tabungan apa gitu. ceritanya, waktu anaknya kecil, ayah n ibu santai2 aja. Ga nabung, ga invest. Giliran anaknya mau msk sekolah, si ibu mesti jual kalungnya. Pas anaknya mau kuliah, mereka jual mobil n rumah. Deuh....

avrie said...

wah deee itu sih bkn cm mendidik tp bkin gw jd sedih.....terharuu inget pengorbanan ortu ya...segitunyaa...

nindya said...

aku jg suka iklan ponds itu (bukan suka pembodohan umatnya lho...), kalau gak pake trik gitu gak menarik n gak ada yg beli Ka..