Friday, November 7, 2008

8 Mitos Pemberian ASI

MITOS 1.
Menyusui tidak dapat dilakukan bila payudara anda kecil dan puting anda rata (tenggelam).

KENYATAAN
Tampilan luar sama sekali berbeda dengan bagaimana ibu bisa memproduksi ASI atau mengeluarkannya. Puting yang terbalik (tenggelam) memang membutuhkan dulu persiapan sebelum menyusui. Bayi menyenangi ASI yang keluar baik dari payudara yang montok maupun yang ‘tipis’.

MITOS 2.
Menyusui sangat merepotkan.

KENYATAAN
Tidak ada cara yang lebih mudah daripada memberi makan bayi dengan ASI. Payudara tidak seperti botol harus dipersiapkan, ASI sendiri sudah tepat keenceran dan suhunya, tidak perlu disesuaikan dan diukur seperti halnya susu botol. Dan selalu siap bila bayi memerlukan. Pada saat anda di perjalanan anda tidak perlu mengkhawatirkan termos, sendok dll

MITOS 3.
Menyusui membuat anda terikat harus dekat dengan bayi anda

KENYATAAN
Yap, sedikit banyak memang begitu. Ibu bekerja yang menyusui memang akan sangat dimudahkan dengan fasilitas penitipan bayi. Namun yang bayinya dititipkan di rumah, bukan berarti tidak bisa menyusui dengan ASI. Ada cara penyimpanan yang bisa kita lakukan untuk membuat ASI bisa diberikan kepada bayi.

MITOS 4.
Menyusui akan merusak tampilan payudara

KENYATAAN
Payudara justru akan menjadi sehat manakala ibu menyusui. Sedangkan untuk lecet di kulit, biasanya hanya terjadi pada ibu menyusui untuk pertama kali, yang masih belum mengerti bahwa mulut bayi seharusnya meliputi semua areola, bukan hanya di putingnya saja.

MITOS 5.
Menyusui akan mengasingkan ayah

KENYATAAN
Ah .. masih banyak cara ayah ikut serta dalam memelihara bayinya .. salah satu yang cukup up to date sekarang ini adalah dengan pijat bayi. Saya menerapkannya pada 3 anak saya, dan bayi sangat menikmati bila itu sudah dimulai sejak dini. Pada anak kami di tahun kedua-ketiga, pijat-pijat ini berhenti karena anak cenderung lebih aktif. Tapi pada saat itu interaksi lainpun sudah mulai terjadi. Dan keterasingan sudah bukan masalah lagi.

MITOS 6.
ASI tidak mencukupi kebutuhan bayi

KENYATAAN
Ini bisa benar, bila bayi dimaksud diatas 6 bulan. Tapi nyata salah sekali bila yang dimaksud adalah bayi 0-6 bulan. ASI eksklusif (hanya memberikan ASI saja sampai usia 6 bulan) sangat mencukupi kebutuhan bayi, tanpa makanan tambahan apapun. Bahkan keenceran dan komposisinya tidak bisa ditiru makanan tambahan yang manapun.

MITOS 7.
Anak diberikan ASI tidak segemuk anak yang diberi susu botol

KENYATAAN
Ya. betul. Tapi gemuk bukan tujuan pertumbuhan anak. Anak harus tetap berada pada berat badan ideal. Sangat tidak boleh kekurangan, tapi juga terlarang berlebihan. Berlebihan berat badan juga akan membawa dampak penyakit-penyakit seperti diabetes, kolesterolemia dimasa dewasanya kelak.

MITOS 8.
Menyusui membuat badan ibu gemuk karena harus makan banyak

KENYATAAN
Ibu makan lebih banyak benar. Tapi menjadi gemuk berarti salah komposisi dalam diet ibu menyusui. Ibu yang menyusui memang harus mengkonsumsi protein, lemak tertentu dan vitamin-mineral tertentu. Karbohidrat yang berlebihan bisa menyebabkan kegemukan.

No comments: