Sunday, July 6, 2008

Ragunan: Kebon Binatang Ato Kebun Non Binatang?

Kalau ditanya paling sering jalan-jalan ke mana kalo liburan, jawabannya adalah Kebon Binatang Ragunan. Yup.. sejak kecil ato semenjak bisa mengingat, gw emang paling sering mengunjungi Taman Margasatwa itu. Entah kenapa, ortu suka banget ngajak anak-anaknya melihat-melihat binatang. Mungkin selain harga murah dan jarak yang gak terlalu jauh dari bogor, Kebon Binatang juga mengandung unsur edukasi yang tinggi. Anak-anak bisa mengenal dan melihat binatang dari dekat, gak cuma di TV. Karena itu, Kebon Binatang masih jadi tujuan utama wisata keluarga terutama bagi ortu yang masih punya anak kecil.

Hari Sabtu kemaren, gw pergi ke Kebon Binatang. Terakhir ke sana, udah lama banget. Kira-kira 12 tahun lalu. Lama banget ya? Ck..ck..ck... Udah bosen sih, abis keseringan. Kemaren juga bukan sekonyong-konyong kangen ama Kebon Binatang, tapi karena ada ade2 gw dari Bogor lagi pada liburan sekolah di Ciledug. Bingung mo dibawa ke mana. Kasian mereka ga jalan2 padahal dah nginep seminggu. Tadinya mo ke PRJ tapi jauh. Mo ke dufan.. jauh dan mahal. Mo diajak berenang... moso cuma berenang doang. Tadinya mo ke Waterpark di Karawaci, tapi mahal juga boooo. Akhirnya diputuskan untuk ke Kebon Binatang. Alasannya? Apalagi kalo bukan dekat dan murah. He...


Sesampainya di Kebon Binatang Ragunan, lautan manusia sudah menyambut. Penuhhh bangetttt (liburan sekolah-red). Pertama, kita kunjungi kandang gajah. Tapi kok cuma ada dua ya... kandang yang laen kosong. Kedua, ke kandang Jerapah. Kok cuma ada satu. Kemudian Kandang zebra, kok kecil2?
Setelah muter2 selama 3 jam lebih, gw kembali ke parkiran dengan perasaan kecewa. Dibanding 12 tahun lalu, Kebon Binatang saat ini lebih mengecewakan. Kandang2nya banyak yang kosong. Binatangnya juga makin sedikit. Dulu, di satu kandang bisa ada 3-4 binatang. Tapi.. sekarang? Ada dua aja sudah lumayan. Selain itu, banyak binatang2 yang ngumpet ato tidur. Kan ga menarik diliat. Mungkin stres kali ya... soalnya bising banget. Alhasil, kaki pegel sia-sia. Udah jauh2 jalan, niatnya pengen liat singa. Eh... kandangnya malah kosong. Menyebalkannnnn!!!!


Ada apa ya? Kenapa Kebon Binatang Ragunan ga semenarik dulu? Apakah sudah banyak binatang yang mati? Tapi... itu kan alamiah, seharusnya pengelola sudah mengantisipasi hal itu dengan melakukan regenarasi. Jenisnya juga semakin berkurang. Kalau dulu... harimau aja ada beberapa jenis. Sekarang cuma ada 2 jenis. Sedih banget ngeliatnya. Kurang dana kali ya. Seperti biasa...

No comments: