Monday, April 23, 2007

Jaga Kemanusiawian...

STAGNAN... duh kata itu bikin sumpek deh. Pernah gak sih ngerasa bosen? saban hari ngerjain ntu2 aja. Bangun pagi, sarapan, ke kantor, pulang, makan malem, tidur, bangun lagi, ke kantor lagi, itu2 mulu yang dikerjain. Gileeee... hidup dah kayak robot aja ya. udah terprogram. Saking rutinnya, kita bisa ngelakuin semuanya sambil merem.
Dulu, waktu di jaman kuliah, ada dosen gw yang ngomong: "ketika Anda-Anda sudah selesai dari sini, dan memasuki dunia kerja, saya cuma mau pesen satu hal: Jaga rasa kemanusiawian kalian. Jangan jadikan diri kalian seperti robot. Di dunia nyata, seringkali itulah yang terjadi, manusia kehilangan kemanusiawian mereka, dan akhirnya menjadi robot."
Dulu, gak kepikiran tuh bakal kayak robot. Kayaknya itu gak mungkin terjadi sama gw. Sekarang? gw bener2 dah ngerasa kaya robot, gw udah kehilangan kemanusiawian gw. Di kantor? Fuihhhhh, stagnan abisssss.... rasanya gw dah mentok banget. ga ada ruang lagi buat ngembangin diri. makanya, tiap pagi jadi maleeeeeesssssss banget ngantor. abis, ketemunya itu2 mulu. lama2 bosennya pooolllllll..... kayaknya gw mesti nyari kerjaan baru deh. ngerjain hal-hal baru gitu...
Di rumah? Nah, ini dia rasanya yang membuat gw sadar untuk tetap memiliki rasa kemanusiawian. Gimana engga? sekarang ini gw lagi nikmatin yang namanya hidup baru. kadang2 berantem juga sih, tapi tetep di siang hari kalo inget (berantem), pengen cepet2 pulang, ketemu sama suami tersayang... (tengkyu 4 make me feel this way, luv u...)
Lantas, apa sih yang membuat kita tetap manusiawi di tengah rutinitas? Masih berdasarkan perkataan dosen gw, ada beberapa cara. pertama, sering2 bersosialisasi sama orang2 di luar kantor (maksudnya temen SD, SMP, Kuliah, ato teman2 lainnya). Dua, sering baca2 buku, tapi jangan yg berat2 juga (jangan buku komputer dong yang dibaca. hehehe...). Misalnya, baca novel, mau romance, detektif, horor, apa aja deh, kalau bisa sih yg agak nyastra dikit. Jangan salah loh, buku2 sastra bisa bikin kita tetap manusiawi, karena bikin otak kanan dan perasaan nyeni kita berkembang. Trus, yang ketiga, nyalurin hobi. Mau olahraga kek, makan2 kek, nonton kek, apa aja deh. pokoknya bikin kita tetap hidup. Keempat, the most important thing, liburaaaannnnnn. Kalo bisa sih ke tempat yang super jauh dari tempat rutinitas kita. Kalo kita kerja di Jakarta, liburannya minimal ke Bandung lahhhh.... ini nih yang susah. selain susah ambil cuti di kantor, kantong kempes bisa jadi hambatan terbesar buat liburannnn....
Well, terakhir, pesen gw: Jaga kemanusiawiannnnn yaaaaaa..... kaya robot? Bah, apa kata dunia (gaya nagabonar, hehehe)

1 comment:

dee said...

teman, diriku jg terjebak rutinitas. untung skarang emosi dah sdikit tersalurkan.