Tuesday, December 2, 2008

Wartawan berkinerja baik?

Apa sih yang dinilai dari kinerja seorang wartawan? Tulisan bagus plus tepat deadline. Apalagi? Ternyata engga lohhh. Di tim tempat gw bernaung, diharuskan untuk sering keluar utk wawancara. Lohhh? Emangnya gw ga pernah keluar utk wawancara? Kalo memang membutuhkan obrolan yang panjang, biasanya gw wawancara keluar kok. Kecuali, kalau untuk komen satu atau dua kalimat. Buat apa keluar, bisa lewat telp kok. Lebih efektif dan efisien.

“Dengan ketemu kita bisa mengungkap lebih banyak dari seorang narasumber. Bahkan kita bisa dapat isu2 baru,” (kalau dengan sering keluar tapi akhirnya jadi telat deadline, kayaknya ga efektif juga deh)


Trus kenapa sering pulang tanggo? Emangnya PNS 9 to 5. Wartawan sejati itu tidak terikat jam kerja. Loh?! Kalau kerjaan dah selese ngapain mesti di kantor sampe malem. Kalo toh ada kerjaan ato liputan, gw ga pernah nolak kok kecuali emang ga bisa bangetttt.

“wartawan sejati itu harus kerja keras dan berkorban. Susah sih. Tapi kalau kita sudah memilih pekerjaan itu, kita harus komit,” ucap seseorang dalam tim.

Maksutnya? Apakah saat ini gw kurang berkomitmen? Gw selalu tepat deadline kok n tulisan gw tidak pernah bermasalah. So, kenapa harus meributkan soal2 teknis kayak gitu. Yang dimaksud berkorban itu apa? Mengorban keluarga? No way!!! Belum tentu org di kantor sampe malem itu kerja kan, banyak hal lain yg dikerjakan. Mis.: maen game. Mending pulang tanggo trus kerjain di rumah. Kayak ga punya komputer aja di rumah. Heran...

Trus, apakah wartawan yg sering keluar dan pulang malem, tapi ga tepat deadline, disebut wartawan sejati? Apakah wartawan yg sering telat deadline bisa disebut wartawan yang baik?

“Kamu tuh kurang dinamis. Kalau seperti ini kamu bisa menghambat kedinamisan tim.”

What?! Kedinamisan yang mana? Sering telat deadline hingga harus diuber2 pemred yang akhirnya merugikan tim secara keseluruhan, itu yang disebut dinamis? Kalau gw emang bisa menghambat, Yo wis emang kerjaan di sini doang. Menyebalkan!!

(sori curhat colongan)

1 comment:

avrie said...

setujuuuuuuuuuu....gw setujuu banget ama lu......emang kerjaan cuma di infobank doank....
setujuuuuuu lagiiiiiii....tim lu ga asik banget....terutama si "tong kosong nyaring bunyinya itu"....
lagian menurut gw,lu tuh termasuk kary dengan kinerja baik.....begitu jg menurut salah satu kary infobank: wartawan itu menulis bagus dan tepat deadline..titik.
advise : cuekin aja and keep on track!!!!!!